Sistem Monitoring Akses Gedung Berbasis Web di Batan dan Kawasan Nuklir DIY

Penulis

  • Muhammad Iqbal Im Dadurrohman Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Penulis
  • Erfanti Fatkhiyah Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Penulis
  • Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.114

Kata Kunci:

Monitoring, Akses Gedung, BATAN

Abstrak

Pemantauan akses gedung di lingkungan BATAN Yogyakarta atau singkatan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional Yogyakarta sangat diperlukan, karena BATAN memiliki beberapa fasilitas penelitian nuklir berupa gedung – gedung pertemuan yang dapat diakses oleh pengunjung baik khusus yaitu pegawai PSTA BATAN dan pengunjung umum, yaitu, Dosen STTN, mahasiswa, dan peserta. Penggunaan gedung-gedung di kawasan nuklir ini memiliki intensitas yang tinggi, dan perlu adanya monitoring akses gedung, mulai dari informasi ketersediaan gedung, sampai monitoring akses keluar masuk gedung yang sampai sekarang masih dilakukan secara manual. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan sistem yang dapat bekerja secara online dan realtime serta mudah untuk dioperasikan. Maka perlu adanya sistem informasi yang membantu PSTA BATAN Yogyakarta dalam proses monitoring akses yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pengembangan sistem dalam penelitian ini menerapkan Metode Waterfall, sedangkan sistem informasi yang dibangun menggunakan Framework CodeIgniter 3 berbasis web, sehingga mempermudah dalam pembuatan sistem informasi monitoring akses keluar masuk gedung dalam lingkungan BATAN Yogyakarta dan juga sebagai salah satu inovasi baru untuk menghemat kertas sebagai pelaporan dan arsip.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Minarwati, "Sistem Monitoring Tempat Sampah Berbasis IoT Menggunakan ESP32," FAHMA- Jurnal Informatika Komputer, Bisnis, dan Manajemen, vol. 20, no. 1, pp. 68-79, 2022.

I. Listiawan, Zaidir, S. Winardi and F. N. Aini, "Sistem Informasi Presensi dengan Validasi Radius Lokasi Menggunakan Formula Haversine (Studi Kasus: PT. PICSI)," FAHMA-Jurnal Informatika Komputer, Bisnis, dan Manajemen, vol. 21, no. 1, pp. 12-23, 2023.

D. Sudarsono, Kusrini and M. R. Arief, "Aplikasi Perhitungan Jumlah Kendaraan dengan Menggunakan Google Maps API," FAHMA-Jurnal Informatika Komputer, Bisnis, dan Manajemen, vol. 21, no. 2, pp. 11-28, 2023.

D. P. Riau, R. Harta and B. A. Diana, "Peningkatan Perizinan Bangunan melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung di Provinsi Jawa Timur: Studi Kasus Kota Madiun dan Kabupaten Gresik," Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, vol. 9, no. 2, pp. 393-402, 2023.

A. R. Yuliantara, A. S. Wibowo and N. Prihatiningrum, "Sistem Informasi Slot Parkir Kosong Berbasis Internetof Things pada Gedung Parkir Bertingkat," eProceedings of Engineering, vol. 9, no. 3, pp. 825-837, 2022.

R. N. Wulan and A. D. P. Ade, "Rancang Bangun Aplikasi Booking Gedung Berbasis Web," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 4, pp. 56-62, 2022.

F. D. Putra, J. Riyanto and A. F. Zulfikar, "Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset pada Universitas Pamulang," Journal of Engineering, Technology & Applied Science, vol. 2, no. 1, pp. 32-50, 2020.

V. Siahaan and R. H. Sianipar, Buku Pintar JavaScript, Balige Publishing, 2020.

A. P. Basuki, Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigniter, Yogyakarta: Lokomedia, 2010.

R. Fitri, Pemrograman Basis Data Menggunakan MySQL, Yogyakarta: Poliban Press, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2024

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Sistem Monitoring Akses Gedung Berbasis Web di Batan dan Kawasan Nuklir DIY. (2024). FAHMA : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 22(1), 60-68. https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.114

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>