Implementasi Extreme Programming untuk Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan PKL-KTI Berbasis Web

Penulis

  • Zaidir Prodi Teknologi Informasi Program Diploma, FST, Universitas Respati Yogyakarta Penulis
  • Indra Listiawan Prodi Teknologi Informasi Program Diploma, FST, Universitas Respati Yogyakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v20i2.28

Kata Kunci:

Extreme Programming, Praktek Kerja Lapangan, Karya Tulis Ilmiah

Abstrak

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada program studi Teknologi Informasi Program Diploma, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) merupakan tahapan kegiatan untuk mendapatkan pengalaman nyata terkait keilmuan yang ditekuni. Pengelolaan administrasi PKL dan KTI mahasiswa saat ini masih dilakukan secara manual. Masalah yang ditemukan adalah proses administrasi PKL dan KTI tidak efisien, program studi kesulitan untuk melacak judul PKL dan judul KTI yang diusulkan, dosen pembimbing kesulitan melakukan monitoring kemajuan mahasiswa dalam melakukan PKL dan KTI, mahasiswa mengalami kendala untuk proses pengajuan proposal dan mendapatkan informasi tentang jadwal seminar PKL maupun ujian pendadaran serta dosen penguji tidak efektif dalam pemberian nilai. Penelitian ini bertujuan untuk  menghasilkan sistem informasi pengelolaan PKL-KTI  dengan fitur yang sesuai kebutuhan program studi. Sistem yang dihasilkan dapat digunakan untuk mempermudah layanan kepada mahasiswa terkait PKL-KTI mulai dari  pegajuan proposal sampai penyerahan dokumen PKL-KTI. Sistem yang dihasilkan dapat meningkatkan kinerja program studi karena beberapa proses dilakukan secara otomatis dan pengolahan data tidak hanya tersentral di prodi. Ketersediaan informasi sangat memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas sehingga sangat membantu dalam pengambilan keputusan

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

A. Kurniawan, Y. Yusuf, Y. D. Hermawan and P. Subagyo, "Pembuatan Sistem Administrasi Tugas Akhir Berbasis Teknologi Informasi Pada Program Studi S1 Teknik Kimia UPN “Veteran” Yogyakarta," Telematika, pp. 38-48, 2020.

M. H. D. Adiartika and I. W. Supriana, "Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas Udayana," Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana, pp. 13-24, 2020.

Z. Alfiani, "Perancangan Sistem Informasi Kerja Praktik dan Tugas Akhir pada Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Bandung," Prosiding Teknik Industri, pp. 275-283, 2017.

H. Kurniawan and W. B. Bondowoso, "Sistem Informasi Terintegrasi Tugas Akhr/Skripsi Berbasis Web (Studi Kasus: Jurusan Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya," Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data (SIMADA), pp. 124-134, 2019.

A. Homaidi, "Perancangan dan Implementasi E-Thesis untuk Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Ibrahimy Situbondo," Nusantara Journal of Computers and Its Applications (NJCA), pp. 15-26, 2019.

M. T. Jufri, M. Tonggiroh and F. Razaq, "Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir pada Fakultas Teknik dan Sistem Informasi Universitas Yapis Papua," Jurnal Ilmiah Teknik dan Informatika, pp. 69-75, 2018.

S. Maria and Listiana, "Sistem Informasi Pengajuan Judul Tugas Akhir di AMIK Mahaputra Riau Berbasis Web," Jurnal Intra-Tech, pp. 60-69, 2019.

T. Gumelar, R. Astuti and A. T. Sunarni, "Sistem Penjualan Online dengan Metode Extreme Programming," Jurnal TELEMATIKA MKOM, pp. 87-90, 2017.

Fatoni and D. Irawan, "Implementasi Metode Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Izin Produk Makanan," Jurnal SISFOKOM, pp. 159-164, 2019.

S. Yahya, F. Mahardika, I. Saepudin and Suhenda, "Implementasi Metode Extreme Programming pada Aplikasi Biro Jodoh Syari’ah Berbasis Mobile Android," JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), pp. 37-40, 2019.

R. A. Azdy and A. Rini, "Penerapan Extreme Programming dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) pada Perguruan Tinggi," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), pp. 197-206, 2018.

Zaidir and I. Listiawan, "Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Layanan PKL-KTI (Studi Kasus : Prodi Teknologi Informasi)," in Seminar Nasional UNRIYO, Yogyakarta, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

31-05-2022

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Implementasi Extreme Programming untuk Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan PKL-KTI Berbasis Web. (2022). FAHMA : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 20(2), 1-12. https://doi.org/10.61805/fahma.v20i2.28

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.