Pengiriman Informasi Real Time Menggunakan Teknologi Database Firebase pada Aplikasi Mobile Android

Penulis

  • Sugiyatno Program Studi Informatika, STMIK EL RAHMA Yogyakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v21i2.17

Kata Kunci:

Pengiriman Informasi, Real Time, Firebase, Aplikasi Mobile

Abstrak

Penyampaian sebuah informasi merupakan hal penting dalam sebuah sistem. Informasi makin cepat tersampaikan kepada pihak penerima makin baik. Informasi yang disampaikan terlalu lama, mengakibatkan dampak kurang baik diantaranya adalah kadaluarsa informasi yang akhirnya menghambat sebuah siklus sistem. Dalam dunia pendidikan khususnya, penyampaian informasi yang cepat antara lembaga dan pihak terkait diantaranya dosen, mahasiswa sangat diperlukan. Contoh informasi kemahasiswa tentang ujian, pembayaran.

Penyampaian informasi kepada pihak stake holder dapat dilakukan dengan berbagai metode diantaranya adalah SMS, Whatsapp, Sistem Akademik dll. Dalam sebuah lembaga pendidikan khususnya Perguruan Tinggi dapat dipastikan memiliki sistem informasi yang berjalan, dimana interaksi dosen, mahasiswa dan manajemen dapat dilakukan ketika berhubungan kegiatan akademik. Namun tidak semua sistem informasi memiliki atau menggunakan fitur pengiriman informasi secara cepat (real time). Sebagian besar informasi disampaikan kepada pihak terkait dengan cara memposting di web officialnya. Hal ini akan lebih lambat tersampaikan ketika pihak yang terkait  tidak berinteraksi setiap saat.

Firebase merupakan sebuah platform database yang mampu memberikan informasi secara realtime kepada penggunanya. Firebase saat ini menjadi sebuah alternatif database yang handal yang mampu memberikan informasi secara cepat. Teknologi database ini memiliki arstektur yang berbeda dengan database pada umumnya, baik dari sisi penamaan data dan atributnya. Teknologi database firebase ini dapat diimplementasikan kedalam aplikasi yang mampu melakukan penyampaian informasi secara cepat dan real time.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Utari, P. N., & Hakim, R. F. (2015). Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Data Kecelakaan Pesawat dari Tahun 1967-2014 di Indonesia. Pros. Semin. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. UMS, 753–763.

Ulumudin, I., Faizah, N. M., & Nurcahyo, W. (2023). Aplikasi Sistem Presensi Pegawai PT. Berkah Pena Ilmu dengan Metode Location Based Service (LBS) Berbasis Android Menggunakan Firebase. Design Journal, 1(1), 89–98.

Bachtiar, L. (2020). Pengembangan Teknologi Mobile Untuk Sistem Kasir Rumah Makan Di Kota Sampit Menggunakan Firebase Realtime Database. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 5(2), 57–66.

Moroney, L., & Moroney, L. (2017). The firebase realtime database. The Definitive Guide to Firebase: Build Android Apps on Google’s Mobile Platform, 51–71.

Ramadhan, H. P., Kartiko, C., & Prasetiadi, A. (2020). Monitoring Kualitas Air Tambak Udang Menggunakan NodeMCU, Firebase, dan Flutter. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(1).

Hariyanto, D., Sastra, R., & Putri, F. E. P. E. P. (2021). Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Perpustakaan. JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknik Komputer), 13(1), 110–117.

Noertjahyana, A. (2002). Studi Analisis Rapid Aplication Development Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal Informatika, 3(2), 64–68.

Diterbitkan

31-05-2023

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Pengiriman Informasi Real Time Menggunakan Teknologi Database Firebase pada Aplikasi Mobile Android. (2023). FAHMA : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 21(2), 46-55. https://doi.org/10.61805/fahma.v21i2.17

Artikel Serupa

1-10 dari 74

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.