Pemasaran Digital untuk Branding dalam Pengembangan UMKM di Indonesia

Penulis

  • Jatiro Feshago Panjalu Universitas Islam Indonesia Penulis
  • RR. Siti Muslikhah Universitas Islam Indonesia Penulis
  • Tri Lestari Wahyuning Utami Universitas Islam Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.109

Kata Kunci:

Branding, Pemasaran Digital, Usaha Mikro Kecil Menengah

Abstrak

Perkembangan UMKM dapat dimulai dari bagaimana UMKM melakukan branding untuk produk ataupun usahanya. Branding bukan hal yang mudah dilakukan karena untuk membangun brand dibutuhkan kemampuan dan media yang membantu bagaimana suatu brand dikenal dan diingat oleh masyarakat. Karena membangun brand penting, khususnya UMKM, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas mengenai bagaimana pemasaran digital mampu menjadi media UMKM di Indonesia untuk mengembangkan diri melalui branding. Untuk menganalisis hal tersebut, penelitian ini menggunakan data sekunder hasil laporan survei dari datareportal.com yang didukung oleh penjelasan penelitian terdahulu. Hasilnya, penelitian ini mengangkat 3 (tiga) hal dari pemasaran digital yang dapat digunakan untuk branding UMKM, yaitu (a) pemanfaatan Google Profil, (b) penggunaan media sosial untuk, dan (3) penggunaan marketplace atau e-commerce. Dengan mengadopsi tiga media tersebut, UMKM dapat mulai mengembangkan brand-nya dari mulai pengenalan produk dan usahanya hingga pada menciptakan loyalitas konsumen.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

C. Jatiningrum, Wulandari, and R. Yuliana, “Strategi Pemasaran Media Online Sebagai Media Pendukung UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19,” eCo-Fin, vol. 2, no. 2, pp. 57–62, 2020.

B. S. F. Rochmaniah and A. Mulyati, “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Branding,” Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 161–163, 2023, doi: 10.62017/jemb.

B. L. S. Muhammad and T. L. W. Utami, “Penerapan Pemasaran Digital sebagai Media Promosi,” in The 6th FEBENEFECIUM Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 2023, pp. 501–508. [Online]. Available: https://journal.unimma.ac.id

T. Rizaldi and H. A. Putranto, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing dan Branding Pada UMKM,” in Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2018, pp. 56–59.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, 13th ed. 2009.

Zuriana and B. Magdalena, “Penerapan Digital Marketing dan Strategi Branding Guna Meningkatkan Penjualan UMKM Madu Gegala (Klanceng) di Desa Penengahan Pesisir Barat,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 6, pp. 1115–1120, 2021, [Online]. Available: http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

H. Rahma and N. Hariyana, “Penggunaan Digital Marketing terhadap Peningkatan Brand Awareness PT Produk Zilla Akademi Indonesia,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), vol. 4, no. 3, pp. 1821–1828, 2023, doi: 10.55338/jpkmn.v4i3.

R. Ferguson, “Word of Mouth and Viral Marketing: Taking The Temperature of The Hottest Trends in Marketing,” Journal of Consumer Marketing, vol. 25, no. 3, pp. 179–182, 2008, doi: 10.1108/07363760810870671.

S. D. Setiawati, M. Retnasari, and D. Fitriawati, “Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah,” Jurnal ABDIMAS BSI, vol. 2, no. 1, pp. 125–136, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

H. Pudjoprastyono, R. M. Layli, T. M. A. Wicaksono, and M. S. Faajri, “Pemberdayaan UMKM Rolade Sawi Melalui Peningkatan Branding Digital dan Inovasi Kemasan,” Media Pengabdian kepada Masyarakat (MPKM), vol. 2, no. 1, pp. 51–56, 2023.

I. M. Ridwan, A. Fauzi, I. Aisyah, S. Susilawati, and I. Sofyan, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan ‘WAGE’ Bandung,” Jurnal ABDIMAS BSI, vol. 2, no. 1, pp. 137–142, 2019.

R. Jannatin, M. W. Wardhana, R. Haryanto, and A. Pebriyanto, “Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” Jurnal Impact: Implementation and Action, vol. 2, no. 2, 2020.

T. L. W. Utami, A. H. Putri, N. Fitriyani, A. K. Jannah, and R. P. Insani, “Pengembangan media sosial sebagai sarana pemasaran digital pada Anggrek Astuti Plant & Gift Shop,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2023, pp. 529–539.

J. Engelina and N. B. Laulita, “Mengimplementasikan Strategi Promosi atau Membangun Brand Image Media Digital Online PT Naga Jaya Putra Batam,” Jurnal Pengabdian kepada Msyarakat Nusantara (JPkMN), vol. 3, no. 2, pp. 1264–1271, 2022.

D. Novita, S. Widayati, K. Rokoyah, and M. D. Lusita, “Strategi Digital Branding yang Efektif untuk UMKM Menggunakan TikTok,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 3507–3512, 2022.

S. L. G. Pudrianisa, Y. P. K. Pangestu, and M. A. Ahmad, “Digital Marketing sebagai Strategi Branding dan Promosi Jamu Lugu Murni Yogyakarta,” MASS Jurnal, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2023.

A. Anastasya, “Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia,” https://ukmindonesia.id/. Accessed: Jan. 23, 2024. [Online]. Available: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia#:~:text=Dilansir%20dari%20Kompas%2C%20Kementerian%20Koperasi,UMKM%20yang%20mendaftar%20di%20OSS.

S. Kemp, “Digital 2023: Indonesia,” 2023. Accessed: Dec. 29, 2023. [Online]. Available: https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

D. A. Fadhilah and T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha ‘Kremes Ubi’ di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang),” Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. XII, no. 1, pp. 17–22, 2021.

C. N. S. Aji and R. S. Muslikhah, “Strategi Penerapan Digital Marketing: Studi Kasus Yeszy.MFG,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2023, pp. 237–243.

D. Chaffey and F. Ellis-Chadwick, Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice, Seventh. London: Pearson, 2019. [Online]. Available: www.pearson-books.com

F. Diez-Martin, A. Blanco-Gonzalez, and C. Prado-Roman, “Research Challenges in Digital Marketing: Sustainability,” Sustainability (Switzerland), vol. 11, no. 10, pp. 1–13, May 2019, doi: 10.3390/su11102839.

Badan Pusat Statistik, “Persentase Penduduk Usia 5 Tahun ke Atas yang Pernah Mengakses Internet dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Kelompok Umur (Persen), 2020-2022,” Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Accessed: Dec. 29, 2023. [Online]. Available: https://www.archive.bps.go.id/indicator/2/840/1/persentase-penduduk-usia-5-tahun-ke-atas-yang-pernah-mengakses-internet-dalam-3-bulan-terakhir-menurut-kelompok-umur.html

W. F. Oktaviani and A. Fatchiya, “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten,” Jurnal Komunikasi Pembangunan, vol. 17, no. 1, pp. 13–27, 2019.

R. S. Muslikhah, Maisaroh, T. L. W. Utami, K. N. Anindya, and M. F. A. Muzakir, “Digitalization of Business Profile to Promote Qualified Marketing System of SMEs’ Product,” Asian Journal of Community Services, vol. 2, no. 8, pp. 653–662, Aug. 2023, doi: 10.55927/ajcs.v2i8.5620.

I. D. Christina, F. Fenni, and D. Roselina, “Digital Marketing Strategy in Promoting Product,” Management and Entrepreneurship: Trends of Development, vol. 4, no. 10, pp. 58–66, 2019, doi: 10.26661/2522-1566/2019-4/10-05.

B. A. Pamungkas and S. Zuhroh, “Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang),” Komunikasi, vol. X, no. 22, pp. 145–160, 2016.

Wafiyudin, K. N. Anindya, and R. S. Muslikhah, “Penerapan digital marketing: studi kasus kopi tentrem menoreh,” in The 6th FEBENEFECIUM Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, Magelang, 2023, pp. 822–831. [Online]. Available: https://journal.unimma.ac.id

S. Anggriani Saputri, I. Berliana, and M. farras Nasrida, “Peran marketplace dalam meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia,” KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, vol. 3, no. 1, pp. 69–75, 2023.

N. Iryani and T. R. Fauzan, “Pemasaran Digital Melalui Fitur Live Pada Platform Marketplace,” Jurnal Manajemen, vol. 13, no. 2, pp. 121–139, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2024

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Pemasaran Digital untuk Branding dalam Pengembangan UMKM di Indonesia. (2024). FAHMA : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 22(1), 69-79. https://doi.org/10.61805/fahma.v22i1.109

Artikel Serupa

1-10 dari 23

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>