Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Website STMIK El Rahma Terhadap Kepuasan Pengguna

Penulis

  • Minarwati Program Studi Sistm Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer Penulis
  • Intan Hidayah Program Studi Sistm Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v20i2.36

Kata Kunci:

Website, Pengguna, Webqual

Abstrak

Kualitas sebuah website menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam sebuah institusi, karena website sebuah institusi merupakan gambaran dari institusi tersebut di dunia maya. Untuk mengetahui kualitas sebuah website maka perlu dilakukan pengukuran kualitas website berdasarkan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas website yang dimiliki oleh STMIK El Rahma Yogyakarta. Penelitian ini menggunkan metode pengukuran kualitas website yaitu metode Webqual 4.0 yang merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir yang penilaiannya disusun atas 4 variabel yaitu kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi, serta mempengaruhi terhadap kepuasan pengguna. Metode Webqual dipilih karena kelebihan Webqual adalah dapat digunakan untuk menganalisis kualitas beberapa website, baik website internal maupun website eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur pengaruh hubungan antara kualitas layanan website dengan kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna website STMIK El Rahma Yogyakarta dipengaruhi oleh kualitas website, terutama kualitas kemudahan kegunaan (Usability). Kualitas kegunaan merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam memberikan rasa kepuasan bagi penggunanya. Kualitas informasi dan kualitas interaksi masih perlu ditingkatkan agar mendapatkan kualitas website terbaik dan dapat menambah rasa kepuasan pengguna

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Napitupulu, Darmawan B (2016), “ Evaluasi KualitNapitupulu, Darmawan B (2016), “ Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ dengan Pendekatan Webqual”, Buletin Pos dan Telekomunikasi, Vol. 14,No. 1, p. 51-64.

Barnes SJ, Vidgen R. (2003), “Measuring Webqual Improvement : A Case study of the Forum on Strategic Management Knowledge Exchange”, Industrial Management and Data Systems, Vol.103, p.297-309.

Syaifullah dan Soemantri. (2016). Penukurn Kualitas Website Menggunakn Metode Webqual 4 . 0 studi kasus cv. Zamrud Multimedia Network, 2(1).

Rahmani, S. N. (2018). Analisis Kualitas Website Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Widyaningsih, M, N. (2018). Analisis Kepuasan Website Jurnal Online Menggunakan Webqual Studi Kasus Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Isthafana, R, M. (2019), Analisis Kualitas Website Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur Menggunakan Metode Webqual 4.0 Modifikasi.Surabaya : UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dahlia. (2019). Pengukuran kuaitas website menggunakan metode Webqual4.0 (Webqual) studi kasus aplikasi sisem informasi desa atau open SID. STMIK EL-RAHMA.

UmaSekaran, 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.

Widarjono, Agus, (2015), Analisis Multivariat Terapan: Dengan Program SPSS, AMOS, dan SMARTPLS, Ed. Kedua, UPP STIM YKPN, Jogjakarta.

James O’Brien and Goerge M Caracas (2011), Management Information System, 10 ed, Mc Graw Hill, New York, Chapt. 10, p. 393.

Sanjaya, I, (2012), Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementrin Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0, 14(1), 1–14.

Unduhan

Diterbitkan

31-05-2022

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Website STMIK El Rahma Terhadap Kepuasan Pengguna. (2022). Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 20(2), 87-99. https://doi.org/10.61805/fahma.v20i2.36

Artikel Serupa

1-10 dari 22

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.