Pengembangan Sistem Informasi Akademik Dosen dan Mahasiswa dengan Metode Scrum

Penulis

  • Untung Subagyo STMIK EL RAHMA Yogyakarta Penulis
  • Sugiyatno STMIK EL RAHMA Yogyakarta Penulis
  • Miftahul Jannah STMIK EL RAHMA Yogyakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v23i1.173

Kata Kunci:

Sistem Informasi Akademik, Outcome-Based Education, Scrum, Presensi, Penilaian Mahasiswa

Abstrak

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) memiliki peran penting dalam mendukung administrasi akademik di perguruan tinggi. STMIK EL RAHMA Yogyakarta telah mengimplementasikan SIAKAD, namun sistem yang ada belum sepenuhnya mendukung kurikulum Outcome-Based Education (OBE). Salah satu permasalahan utama adalah komponen penilaian yang masih bersifat umum dan tidak menyesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) masing-masing dosen. Selain itu, proses input nilai yang dilakukan secara manual menyulitkan dosen, terutama bagi yang mengampu kelas dengan jumlah mahasiswa yang besar. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini mengembangkan fitur baru pada SIAKAD dengan metode Scrum. Pengembangan dilakukan dalam enam sprint, yang mencakup integrasi data mengajar dan Kartu Rencana Studi (KRS), pengembangan fitur presensi, pembuatan RPS digital, input Berita Acara Perkuliahan (BAP) dengan token, serta fitur impor nilai menggunakan Excel. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu meningkatkan efisiensi dosen dalam melakukan presensi, pengelolaan nilai, dan penyusunan RPS berbasis OBE. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas administrasi akademik di STMIK EL RAHMA Yogyakarta.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Q. I. Ali, “Towards more effective summative assessment in OBE: a new framework integrating direct measurements and technology,” Discover Education, vol. 3, no. 1, Jul. 2024, doi: 10.1007/s44217-024-00208-5.

R. Meisda Paoki and J. Herawan Moedjahedy, “Analisis Penggunaan Microsoft Office Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Dosen Dan Staf Di Universitas,” 2024.

B. Irwin and S. Hepplestone, “Examining increased flexibility in assessment formats.”

M. Neumann and L. Baumann, “Agile Methods in Higher Education: Adapting and Using eduScrum with Real World Projects,” Jun. 2021, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2106.12166

R. Williams et al., “From transparency to accountability of intelligent systems: Moving beyond aspirations,” Data Policy, vol. 4, no. 3, Feb. 2022, doi: 10.1017/dap.2021.37.

“Research and Practice of Curriculum Intrinsic Value Development Method Based on OBE Concept,” Curriculum and Teaching Methodology, vol. 7, no. 2, 2024, doi: 10.23977/curtm.2024.070221.

A. Z. Falani, M. Kamisutara, and I. P. Artaya, “Pemanfaatan Web Services Dan Microsoft Excel Untuk Pelaporan Data Neo Feeder PD DIKTI di STIKES KH Kediri.” [Online]. Available: https://asthadarma.unmerbaya.ac.id/index.p

U. Subagyo and F. Ibnu Sholeh, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Modul Mahasiswa Multiplatform”.

U. Subagyo and A. Budi Utami, “Prototype Sistem Informasi Keuangan Terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik Prototype of Integrated Financial Information Systems with Academic Information System,” 2023.

E. Pangestu Wonohardjo, R. Febriyanto Sunaryo, Y. Sudiyono, and N. Surantha, “A Systematic Review Of SCRUM In Software Development.”

D. Jean Cross Sihombing, “Development of Study Program Performance Assessment Application Using SCRUM Method,” Media Online), vol. 4, no. 1, pp. 285–295, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1113.

Unduhan

Diterbitkan

04-02-2025

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Pengembangan Sistem Informasi Akademik Dosen dan Mahasiswa dengan Metode Scrum. (2025). Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 23(1), 108-117. https://doi.org/10.61805/fahma.v23i1.173

Artikel Serupa

21-30 dari 86

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama