Analisis Kepuasan Pengguna SIAKAD STMIK El Rahma Dengan Metode EUCS dan IPA
DOI:
https://doi.org/10.61805/fahma.v21i3.7Kata Kunci:
EUCS, IPA, Kepuasan Pengguna, SIAKADAbstrak
STMIK El Rahma Yogyakarta memiliki Siakad (Sistem Informasi Akademik) yang berfungsi untuk memberikan informasi akademik kepada mahasiswa/mahasiswi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan STMIK El Rahma, dan selama digunakan belum diketahui bagaimana pendapat dari pengguna siakad tersebut, aapakah siakad tersebut dapat membantu mahasiswa dalam proses pencarian informasi akademik, dan seberapa tinggi tingkat kepuasan pengguna website terhadap kinerja yang diberikan. Kualitas siakad merupakan hal yang sangat penting dalam manajemen informasi di perguruan tinggi untuk itu penelitian ini dilakukan.
Pada penelitian ini digunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA), metode ini dipilih karena merupakan metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan yang membandingkan antara harapan dan kenyataan dari sistem informasi. EUCS dikembangkan oleh Doll dan Torkzadeh (1998) yang terdiri dari 5 komponen yaitu, isi (content), akurasi (accuracy), bentuk (format), kemudahan pengguna (easy of use), ketepatan waktu (timelines). Hasil dari penelitian setelah melakukan uji outer model, inner model lalu dilanjutkan uji IPA dengan membuat diagram cartesius, maka diketahui posisi siakad berada pada Kuadran III yaitu harapan rendah dan kinerja rendah. Kesimpulan nya pihak pengelola Siakad masih harus mengembangkan siakad tersebut agar dapat memenuhi harapan para pengguna
Unduhan
Referensi
Coker, C., Greene, E., Shao, J., Enclave, D., Tula, R., Marg, R., Jones, L., Hameiri, S., Cansu, E. E., Initiative, R., Maritime, C., Road, S., Çelik, A., Yaman, H., Turan, S., Kara, A., Kara, F., Zhu, B., Qu, X., … Tang, S. (2018). No 1–8.
Pratama, J. G., Afriyudi, A., & Yadi, I. Z. (2012). Analisa Sistem Informasi Entri KRS Online Pada Universitas Bina Darma Dengan Menggunakan Metode End-User Computing (EUC) Satisfaction. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilkom, 1(1), 1–15.
Sutanto, Y. (2015). Analisis Kepuasan Pengguna Website Manajemen Informatika dengan Metode EUCS Berbasis CMS. Informatika, 2(1), 242535.
Fudhila Nengsih, S. A., Lestari, R., & Husna, R. (2016). Integrasi Metode Importance Performance Analysis Dan Model Kano Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Andalas). Jurnal Matematika UNAND, 5(3), 31. https://doi.org/10.25077/jmu.5.3.31- 39.2016
Rahmaini. (2018). Analisis Kualitas Website Akademik Menggunakan Metode WebQual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (IPA), Jurnal pengembang Teknologi Dan Ilmu Komputer. Vol.2.No.2.
Masitah, K. N. M. N., & Ilhamsyah, I. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Siakad Universitas Tanjungpura Menggunakan Integrasi Technology Acceptance Model (Tam) Dan End-User Computing Satisfaction (Eucs). Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 8(2).
Simaremare, D. A., Juniadi, A., & Kom, M. (n.d.). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E- Learning Dengan Menggunakan End User Computing Satisfication (Eucs). In Jurnal (Vol. 2, Issue 2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech250
Purba, P. P. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Online di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 12(1), 44–48. https://doi.org/10.47701/infokes.v12i1.1307
Laday, R. K., & Achmad, Y. F. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode PIECES. Siskomti, 5(2), 16– 25.