Analisis Retensi Pengguna Mobile JKN dengan HEART Metrics dan Regresi Linier Berganda
DOI:
https://doi.org/10.61805/fahma.v23i2.176Kata Kunci:
Mobile JKN, HEART Metrics, retensi pengguna, regresi linierAbstrak
Digitalisasi layanan kesehatan mendorong BPJS Kesehatan mengembangkan platform seperti Mobile JKN sebagai layanan kesehatan digital. Meskipun aplikasi ini telah diluncurkan secara luas, Minimnya pemanfaatan aplikasi secara berulang menunjukkan tantangan dalam mempertahankan pengguna aktif. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi pengalaman pengguna guna memastikan aplikasi tidak hanya diunduh, tetapi juga digunakan secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi retensi pengguna terhadap aplikasi Mobile JKN dengan pendekatan HEART Metrics, yang mencakup lima dimensi utama: Happiness, Engagement, Adoption, Retention, dan Task Success. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 107 pengguna aktif, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi Engagement dan Task Success memiliki pengaruh signifikan terhadap retensi pengguna, sementara dimensi lainnya tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan secara statistik. Temuan ini mengindikasikan bahwa keterlibatan pengguna dan kemudahan dalam menyelesaikan tugas menjadi faktor penting dalam mempertahankan penggunaan aplikasi. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar pengembangan aplikasi Mobile JKN difokuskan pada peningkatan interaktivitas serta penyederhanaan antarmuka guna meningkatkan kenyamanan dan loyalitas pengguna.
Unduhan
Referensi
A. Wulanadary, S. Sudarman, and I. Ikhsan, “INOVASI BPJS KESEHATAN DALAM PEMBERIAN LAYANAN KEPADA MASYARAKAT : APLIKASI MOBILE JKN,” J. Public Policy, vol. 5, no. 2, p. 98, Oct. 2019, doi: 10.35308/jpp.v5i2.1119.
P. Widyastuti, “ANALISIS FAKTOR PENGGUNAAN APLIKASI JKN MOBILE PADA RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK ANANDA KOTA MAKASSAR TAHUN 2024,” 2024.
R. RINJANI and N. Sari, “Analisis Penerapan Aplikasi Mobile Jkn Terhadap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Subulussalam,” PUBLIKA J. Ilmu Adm. Publik, vol. 8, no. 2, pp. 209–223, Oct. 2022, doi: 10.25299/jiap.2022.vol8(2).10491.
T. Sundoro, S. S. Endartiwi, S. Suyatno, and A. Mustofa, “SOSIALISASI PEMANFAATAN APLIKASI MOBILE JKN PADA WARGA DUSUN MOJOSARI,” HIKMAYO J. Pengabdi. Masy. AMAYO, vol. 2, no. 1, p. 28, Apr. 2023, doi: 10.56606/hikmayo.v2i1.106.
S. Hafidz, R. Siaga Pangestuti, and Y. N. Qintharah, “PENERAPAN APLIKASI MOBILE JKN DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKSES PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DESA WIBAWAMULYA,” An-Nizam, vol. 3, no. 1, pp. 157–163, Mar. 2024, doi: 10.33558/an-nizam.v3i1.9408.
S. Sidabutar and A. Ichwani, “Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile SATUSEHAT Menggunakan Heart Metrics,” J. Pepadun, vol. 5, no. 1, pp. 72–82, Apr. 2024, doi: 10.23960/pepadun.v5i1.184.
O. Septian, W. A. Kusuma, and E. D. Wahyuni, “Analisis Perbandingan Usability dan User Experience Terhadap E-Trust Pada Situs Ecommerce C2C Menggunakan Heart Dan Pulse Framework,” J. Repos., vol. 1, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.22219/repositor.v1i1.30401.
Ahmad Rozikin and M. F. Asnawi, “ANALISIS USABILITY APLIKASI VISIT PEMALANG MENGGUNAKAN METODE HEART METRICS,” TECHNOMEDIA Informatics Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 28–34, Jan. 2024, doi: 10.58641/technomedia.v1i1.74.
A. C. Zarkasi, A. S. Wardani, and S. Sucipto, “ANALISA USER EXPERIENCE TERHADAP FITUR DI APLIKASI ZENIUS MENGGUNAKAN HEART FRAMEWORK,” METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 6, no. 6, pp. 174–179, Oct. 2022, doi: 10.46880/jmika.Vol6No2.pp174-179.
Nurul Khotimah, “PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS LAYANAN, DAN KUALITAS INFORMASI PADA APLIKASI MOBILE JKN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI WILAYAH JABODETABEK,” J. Akunt. dan Manaj. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 69–76, Aug. 2022, doi: 10.56127/jaman.v2i2.182.
Dahlia and Andri, “Implementasi Data Mining untuk Prediksi Persediaan Obat pada Puskesmas Kertapati menggunakan Regresi Linier Berganda,” J. Sist. dan Inform., vol. 15, no. 2, pp. 95–103, May 2021, doi: 10.30864/jsi.v15i2.331.
A. S. Wahyudi, K. Khairil, and R. Zulfiandry, “Penerapan Metode Regresi Linear Berganda Dalam Prediksi Jumlah Pemakaian Obat Pada Rumah Sakit Rafflesia Kota Bengkulu,” J. MEDIA INFOTAMA, vol. 20, no. 2, pp. 525–533, Oct. 2024, doi: 10.37676/jmi.v20i2.6512.
S. F. A. S. Makmur, Reza Aril Ahri, and Nurgahayu, “Efektivitas Penggunaan Program Mobile JKN Dalam Pelayanan Kesehatan Di RS Pendidikan Universitas Hasanuddin,” Wind. Public Heal. J., vol. 5, no. 5, pp. 786–796, Oct. 2024, doi: 10.33096/woph.v5i5.2093.
S. Bahri, A. Amri, and A. A. Siregar, “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL),” Ind. Eng. J., vol. 11, no. 2, Oct. 2022, doi: 10.53912/iej.v11i2.837.
M. Naufal Rifqi Rismawan and S. Suparni, “ANALISIS USER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE MENGGUNAKAN METODE HEART FRAMEWORK,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1–8, Dec. 2024, doi: 10.36040/jati.v9i1.11771.
S. Rohmah, R. T. Desty, and W. Arumsari, “Analisis Kualitas Layanan pada Aplikasi Mobile JKN dengan Tingkat Kepuasan Pengguna Mobile JKN BPJS Kesehatan di Kabupaten Demak,” Indones. J. Heal. Community, vol. 5, no. 1, p. 25, Jul. 2024, doi: 10.31331/ijheco.v5i1.3161.
R. M. Kusumawati, A. Apriyani, K. Wulandari, and S. Suwignyo, “Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Mobile JKN,” J. Kebijak. Kesehat. Indones., vol. 13, no. 1, p. 52, Apr. 2024, doi: 10.22146/jkki.89234.
G. A. S. Guntari, “Intensi Pemanfaatan Aplikasi Mobile JKN di Masa Pandemi Covid 19,” J. Inov. Ris. Ilmu Kesehat., vol. 1, no. 2, pp. 244–250, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.55606/detector.v1i3.2397
A. U. Hakim, A. E. Rustanto, D. S. Bratakusumah, and A. H. Sutawijaya, “Analisis Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Sebagai Bagian Pelayanan Publik pada BPJS Kesehatan di Kota Bekasi,” vol. 5, no. 2, pp. 1087–1095, 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Syarief Hidayatullah, Agung Satria Panca, Mohammad Sobri, Irmma Dwijayanti (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.