Penerapan Teknologi Augmented Pada Pembuatan Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran

Penulis

  • Kartika Dewi Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Penulis
  • Harliana Harliana Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Penulis
  • Tito Prabowo Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Penulis
  • Rizki Darma Rusdian Yusron Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Eksakta, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v22i2.125

Kata Kunci:

augmented reality, Katalog Perumahan, Media Pemasaran

Abstrak

Secara definisi perumahan merupakan suatu kelompok rumah yang memiliki fasilitas lengkap dari sisi sarana dan prasarananya guna mendukung aktifitasnya. PT Bumi Mas Wahyu (BMW) Grup merupakan salah satu developer perumahan yang ada di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dalam mempromosikan perumahannya, saat ini PT BMW Grup masih menggunakan desain rumah secara 2D yang dicetak dalam bentuk flayer sehingga terkadang menyulitkan pengembang dalam menjelaskan detail bangunan perumahan kepada calon konsumennya. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini akan menerapkan teknologi Augmented Reality untuk merepresentasikan desain perumahan yang ditawarkan oleh PT BMW secara 3D. Guna mendapatkan output yang sesuai dengan kebutuhan, maka Aplikasi AR ini telah diuji dengan menggunakan pendekatan Blackbox Testing pada 5 menu utamanya. Dan hasilnya menunjukkan bahwa semua output dan alur logic pada aplikasi telah berhasil secara penuh dan dapat berjalan dengan semestinya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

D. Setiawan and W. I. Wardani, “Analisa Hukum Perjanjian Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Bersubsidi Di Pt. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., Kantor Cabang Semarang,” Notary Law Res., vol. 3, no. 1, p. 52, 2022, doi: 10.56444/nlr.v3i1.3399.

dan A. Alinda, Silvia Nur., Asep Yanyan Setiawan and Sudrajat, “Alih Fungsi Lahan dari Sawah Menjadi Perumahan di Kampung Gumuruh Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung,” Geoarea, vol. 04, no. 02, pp. 55–67, 2021.

D. Mellynia and R. Febryansyah, “Klasifikasi Pengajuan KPR Perumahan Subsidi Menggunakan Algoritma Naive Bayes Di Perumahan Sakura Residence,” J. Ilmu Data, vol. 2, no. 12, pp. 1–9, 2022.

I. Mbake, M. Bahantwelu, and I. G. N. W. Hardy, “Atribut Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Perumahan Subsidi oleh Konsumen,” J. Gewang, vol. 3, no. 2, pp. 61–67, 2021.

F. Priangga, W. Suardy, and T. D. F. S. Noor, “Tinjauan Atas Peranan Sales Promotion Pada PT. Ruang Abadi Properti Indo,” J. Apl. Bisnis Kesatuan, vol. 2, no. 1, pp. 75–82, 2022, doi: 10.37641/jabkes.v2i1.1356.

R. Wirawan, “Aplikasi Virtual Iklan Perumahan Dengan Sistemaugmented Reality,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 1, pp. 11–16, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i1.203.11-16.

A. S. Hidayatullah, “Rancang Bangun Media Promosi Perumahan Bukit Kemiling Permai Berbasis Aplikasi Augmented Reality,” Teknologipintar.org, vol. 2, no. 3, pp. 2022–2023, 2022.

R. Wahyuddin, A. Sucipto, and T. Susanto, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Multiple Marker Pada Pengenalan Komponen Komputer,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 278–285, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i3.2034.

N. Safariatun and H. Hartatik, “Penerapan Algoritma MOORA Dalam Pembelian Laptop,” JACIS J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 27–36, 2023, doi: 10.47134/jacis.v3i1.52.

N. W. Wardani, W. Kusumaningsih, and S. Kusniati, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Inovasi, Eval. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 134–140, 2024, doi: 10.54371/jiepp.v4i1.389.

J. M. Informatika and S. I. Misi, “PERANCANGAN APLIKASI E-VOTING QR-CODE LOGIN BERBASIS WEB,” vol. 6, pp. 181–189, 2023.

R. D. Rusdiyan Yusron and M. M. Huda, “Analisis Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Model Waterfall Dalam Peningkatan Inovasi Teknologi,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 26–36, 2021, doi: 10.47134/jacis.v1i1.4.

A. A. Ngurah Gede Surya Atmaja, I. G. Suardika, and N. K. Sukerti, “Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Bukit Indrakila Kabupaten Bangli Berbasis Android,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.47134/jacis.v2i1.24.

F. Nur Sa’adah and A. Voutama, “Perancangan Aplikasi Penjualan Fashion Dan Aksesoris Berbasis Web Pada Toko Fitrin,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1364–1371, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.6809.

L. Lintas, A. Android, R. Perjalanan, P. Kendaraan, and K. Bogor, “Aplikasi bogor ngawas untuk sistem navigasi perjalanan warga kota bogor berbasis android,” vol. 8, no. 2, pp. 1941–1948, 2024.

M. Zainurrokhim, A. Charis Fauzan, H. Harliana, and S. Karomah, “Model Rapid Application Development Untuk Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Asesor Pada Lembaga Sertifikasi Profesi P1 Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,” JACIS J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 13–21, 2022, doi: 10.47134/jacis.v2i1.34.

Unduhan

Diterbitkan

31-05-2024

Cara Mengutip

Penerapan Teknologi Augmented Pada Pembuatan Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran. (2024). FAHMA : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 22(2), 28-39. https://doi.org/10.61805/fahma.v22i2.125

Artikel Serupa

1-10 dari 16

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>