Analisis Pengalaman Pengguna Fitur Toko Kesehatan Pada Aplikasi Halodoc Menggunakan User Experience Questionnaire

Penulis

  • Catur Setiya Darma Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Penulis
  • Dini Siskasari Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Penulis
  • Khamid Nur Iman Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Penulis
  • Irmma Dwijayanti, S.Kom., M.Eng. Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v23i2.180

Kata Kunci:

User Experience (UX), Halodoc, UEQ

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah mendorong inovasi layanan kesehatan melalui aplikasi e-health, salah satunya Halodoc. Salah satu fitur penting aplikasi ini adalah Toko Kesehatan, yang memungkinkan pengguna membeli produk kesehatan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna (User Experience/UX) pada fitur Toko Kesehatan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Data dikumpulkan melalui survei daring dengan 103 partisipan aktif pengguna Halodoc. Evaluasi dilakukan terhadap enam dimensi UX, yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh dimensi memperoleh skor rata-rata di atas 0,8, yang menandakan persepsi positif dari pengguna. Dimensi Ketepatan mencatat skor tertinggi (1,78) dan masuk kategori Excellent, sementara lima dimensi lainnya berada pada kategori Good. Temuan ini menegaskan bahwa fitur Toko Kesehatan Halodoc memiliki kualitas UX yang sangat baik dan kompetitif secara internasional. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengembang Halodoc untuk mempertahankan keandalan sistem serta meningkatkan inovasi fitur, sekaligus memberikan kontribusi akademis dalam memperkaya kajian UX pada aplikasi e-health di Indonesia.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

N. Okabashi Hendrawan, E. Muhammad, A. Jonemaro, and M. T. Ananta, “Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Halodoc dan Alodokter menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 3, pp. 1030–1038, 2023, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. Dyah Savitri and C. Indah Ratnasari, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Implementasi User Experience Questionnaire (UEQ) untuk Mengevaluasi Pengalaman Pengguna pada UII RAS,” Media Online, vol. 4, no. 3, pp. 1352–1361, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1444.

W. Chandra, M. Ilhami, S. Ariwibowo, and S. Napitupulu, “Studi Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Telemedicine Halodoc : Temuan dan Rekomendasi,” vol. 4, no. 2, pp. 193–199, 2024, doi: 10.54259/satesi.v4i2.3312.

R. P. H. Wijaya, H. Tolle, and H. M. Az-Zahra, “Perancagan User Experience Aplikasi Pemesanan Katering Sekolah Dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design,” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 3086–3093, 2019.

M. Surahman, N. Widiyasono, and R. Gunawan, “Analisis Usability dan User Experience Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online Menggunakan System Usability Scale dan User Experience Questionnaire,” J. Siliwangi, vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jssainstek/article/view/3180

L. Munawaroh, “Penggunaan Konsep User Experience Terhadap Layanan Situs Web Perpustakaan,” Pustabiblia J. Libr. Inf. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 323–346, 2021, doi: 10.18326/pustabiblia.v5i2.323-346.

J. J. Garrett, The Elements of User Experience. User Centered Design for the Web and Beyond 2nd Ed | Dilson José Lins Rabêlo Júnior - Academia.edu. 2011. [Online]. Available: https://www.academia.edu/35348979/The_Elements_of_User_Experience_User_Centered_Design_for_the_Web_and_Beyond_2nd_Ed_New_Riders_2011_

H. K. Y. Almathami, K. Than Win, and E. Vlahu-Gjorgievska, “Barriers and facilitators that influence telemedicine-based, real-time, online consultation at patients’ homes: Systematic literature review,” J. Med. Internet Res., vol. 22, no. 2, 2020, doi: 10.2196/16407.

C. Paper, M. Schrepp, A. Hinderks, and A. Hannover, “Design, User Experience, and Usability. Theories, Methods, and Tools for Designing the User Experience,” vol. 8517, no. June, 2014, doi: 10.1007/978-3-319-07668-3.

P. L. S. P. R. F. B. V. P. B. K. S. P. C. L. B. P. K. H. P. Chase S. Boothe, “Generalized User Experience Questionnaire (UEQ-G): Holistic Measurement of Multimodal UX - JUXJUX,” vol. 19, no. 2, pp. 75–103, 2024, [Online]. Available: https://uxpajournal.org/generalized-user-experience-questionnaire-ueq-g-holistic-measurement-of-multimodal-ux/

Unduhan

Diterbitkan

01-10-2025

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Analisis Pengalaman Pengguna Fitur Toko Kesehatan Pada Aplikasi Halodoc Menggunakan User Experience Questionnaire. (2025). Fahma : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 23(2), 40-49. https://doi.org/10.61805/fahma.v23i2.180

Artikel Serupa

1-10 dari 16

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.