Mengeksplorasi Cerita Rakyat Indonesia melalui Aplikasi Mobile sebagai Paradigma baru Pendidikan Budaya

Penulis

  • Ahlis Noor Kholili Politeknik Balekambang Jepara Penulis
  • Ahmad Mubais Politeknik Balekambang Jepara Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v23i1.150

Kata Kunci:

Aplikasi, Mobile, Interaktif, Edukatif, Efektif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan aplikasi mobile sebagai sarana untuk memperkenalkan dan melestarikan cerita rakyat Indonesa di kalangan generasi muda. Cerita rakyat Indonesa yang kaya akan nilai budaya dan moral, semakin terpinggirkan oleh perkembangan teknologi dan kurangnya inovasi dalam penyajiannya. pengembangan sebuah aplikas mobile yang menyajikan certa rakyat dalam format interaktif, menggunakan kombinasi teks, suara, dan elemen multimedia lainnya untuk meningkatkan daya tarik dan pemahaman anak-anak terhadap certa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi desain dan pengembangan aplikasi berbasis mobile yang fokus pada pengalaman pengguna yang menyenangkan dan edukatif. Aplikasi ini dirancang untuk tidak hanya menghibur, tetap juga mendidik anak-anak mengena pentingnya melestarikan budaya Indonesa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikas mobile dapat menjadi media yang efektif dalam memperkenalkan certa rakyat kepada anak-anak, memfasilitas mereka untuk lebih terlibat dalam pembelajaran budaya secara digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknologi mobile dapat memankan peran penting dalam pendidikan budaya, memberikan solusi inovatif untuk menyampaikan nilai-nilai tradisonal dengan cara yang lebih relevan dan menarik bagi generasi muda di era digital.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

R. Herawati, B. Sumboro, and A. Najib, “Pengembangan Media Pembelajaran Pelatihan Desain Grafis BLK Karanganyar Berbasis Android,” Go Infotech: Jurnal Ilmiah STMIK AUB, vol. 28, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: 10.36309/goi.v28i1.161.

Y. I. Chandra, “Perancangan Aplikasi Cerita Rakyat Indonesia dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development Berbasiskan Android,” Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, vol. 14, pp. 19–29, 2015.

A. N. Kholili and M. Sulthony, “Perancangan Sistem Informasi Desa berbasis Mobile dengan konsep Government To Citizen,” Intech, vol. 5, no. 1, pp. 22–27, 2024, doi: 10.54895/intech.v5i1.2474.

U. Subagyo and F. Ibnu Sholeh, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Modul Mahasiswa Multiplatform”.

A. Ismail, “Perancangan Aplikasi Multimedia Dongeng Nusantara Berbasis Android,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 1, pp. 65–72, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i1.244.65-72.

A. P. H. Putri and M. Ardi Kurniawan, “Pemanfaatan Dongeng pada Riri Story Book sebagai Alternatif Bacaan bagi Siswa Sekolah Dasar,” Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, vol. 2, no. 1, pp. 545–550, 2022.

Informatika, T. Intech, and A. N. Kholili, “Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Peminjaman Laptop sebagai Solusi Digital untuk Manajemen Aset Teknologi berbasis Mobile,” vol. 5, no. 2, pp. 89–94, 2024.

A. M. Husniyah, “Media Aplikasi Dora (Dongeng Nusantara) Pada Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital Di Sekolah Dasar,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 1, pp. 316–325, 2022.

N. Wahyuningtyas and G. Adi, “Rancang Bangun Aplikasi Dongeng Dengan,” pp. 69–81.

A. N. Kholili, “Rancang Bangun Sistem Raport Siswa berbasis web pada sekolah menengah kejuruan,” Intech, vol. 3, no. 1, pp. 18–31, 2022.

A. N. Kholili and A. Hidayatulloh, “Sistem Informasi Penjualan Hasil Pertanian Berbasis Mobile,” Jurnal Intech, vol. 4, no. 2, pp. 52–57, 2023.

A. N. Kholili, “Perancangan Portal Information Student Marketing untuk meningkatkan keterserapan Lulusan Siswa SMK di dunia Industri berskala Nasional berbasis Website,” Intech, vol. 3, no. 2, pp. 12–17, 2022, doi: 10.54895/intech.v3i2.1689.

A. N. Kholili and D. Redaksi, “Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Mobile,” Jurnal Intech, vol. 4, no. 1, pp. 28–34, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2025

Cara Mengutip

Mengeksplorasi Cerita Rakyat Indonesia melalui Aplikasi Mobile sebagai Paradigma baru Pendidikan Budaya. (2025). Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 23(1), 28-36. https://doi.org/10.61805/fahma.v23i1.150

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>