Perancangan Enterprise Architecture Social Customer Relationship Management Sebagai Pendukung Pemasaran Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.61805/fahma.v22i3.140Kata Kunci:
CRM, Social Media, Social CRM, Enterprise Architecture, TOGAFAbstrak
Setiap perguruan tinggi akan berusaha memberikan keunggulan layanan pendidikan sebagai salah satu strategi pemasaran. Mahasiswa, dosen, karyawan, masyarakat, pengguna lulusan, asosiasi profesi dan pemerintah adalah sebagai stakeholders bagi penyelenggaraan perguruan tinggi. Ketatnya persaingan menuntut penyelenggara pendidikan tinggi untuk meningkatkan layanannya kepada para stakeholder sebagai usaha untuk meningkatkan dan mempertahankan jumlah mahasiswanya. Perbaikan kualitas layanan dan pengelolaan hubungan dengan stakeholder diharapkan mampu memberikan keunggulan yang kompetitif.
Social Media Customer Relationship Management (CRM) atau Social CRM adalah integrasi media sosial ke dalam CRM institusi dan berfokus pada bagaimana membangun hubungan yang efektif dengan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, agar mereka tetap setia pada produk dan layanan yang diberikan oleh institusi pendidikan dalam jangka panjang.
Implementasi Social CRM untuk institusi perguruan tinggi membutuhkan sebuah desain Enterprise Architecture (EA) yang dapat membantu institusi menyesuaikan strategi yang kompetitif dan selaras dengan visi institusi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hasil dari penelitian ini adalah merancang EA menggunakan framework TOGAF 10 ADM dalam lingkungan cloud computing untuk menghasilkan target model bisnis dan artefact pada setiap tahapannya. Dengan.memanfaatkan EA dalam pengembagan sistem informasi dapat membantu institusi menerapkan teknologi informasi untuk strategi yang kompetitif.
Unduhan
Referensi
Kotler, P., & Keller, K. L., Marketing Management - 16th Edition. London: Prentice Hall, 2021
Rouhani, B., Mahrin, M., Nikpay, F., & Nikfard, P, A Comparison Enterprise Architecture Implementation, 2013, International Conference on Informatics and Creative Multimedia
The Open Group, The TOGAF® Standard Introduction and Core Concepts, https://pubs.opengroup.org/togaf-standard/introduction/index.html, diakses tanggal 28 Agustus 2024 pukul 08.00 WIB
Bernard, S, Using Enterprise Architecture to Integrate Strategic, Business, and Technology Planning. Journal of Enterprise Architecture, 2006, pp. 11.
The Open Group TOGAF®, Architecture Artifacts, https://togaf.visual-paradigm.com/2023/10/10/what-is-architecture-artifacts-in-togaf-adm/, diakses tanggal 29 Agustus 2024 pukul 12.00 WIB
Indriani, R., Murahartawaty, M., & Hanafi, R. (2016). Analisis dan Perancangan Technology Architecture Menggunakan The Open Group Architecture Framework Architecture Development Method (TOGAF ADM) pada PT Shafco Multi Trading. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 3(01), 1-6
Daniel Minoli, Enterprise Architecture A to Z, CRC Press, 2008
Jienardy, “GAP ANALISIS PERSEPSI DAN EKSPEKTASI KONSUMEN,” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 6, pp. 703–710, 2017
The Open Group TOGAF®, Gap Analysis, https://pubs.opengroup.org/architecture/togaf91-doc/arch/chap27.html, diakses tanggal 30 Agustus 2024 pukul 10.00 WIB
R. A. Hermawan and I. D. Sumitra, “Designing Enterprise Architecture Using TOGAF Architecture Development Method,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 662, no. 4, 2019, doi: 10.1088/1757- 899X/662/4/042021.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rachmad Sanuri, Aris Badaruddin Thoha, Momon Muzakkar (Penulis)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.