Analisis Kualitas Layanan Dan Kematangan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer (STMIK) El Rahma Yogyakarta

Penulis

  • Dedy Ardiansyah Program Studi Sistem Informasi STMIK El Rahma Yogyakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v21i2.15

Kata Kunci:

Sistem Informasi Akademik, Kualitas Layanan, Kepuasan Pemakai, Kematangan Sistem Informasi Atribut COBIT Framework 4.1

Abstrak

Layanan akademik berbasis web memudahkan dosen dan mahasiswa dalam menjalankan proses akademik. Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) STMIK El Rahma dikembangkan untuk melayani proses akademik mahasiswa dan dosen. Kendala layanan dapat mengganggu kelancaran layanan akademik seperti pemrosesan Kartu Rencana Studi (KRS), proses pembimbingan akademk, proses pembimbingan Skripsi, hingga proses perkuliahan. Keluhan jaringan tidak stabil dan terpisah dengan E-Learning Elrahma merupakan masalah yang harus diberikan solusi.

Penelitian ini menggunakan model kesuksesan sistem informasi De Lone dan Mc Lean (2003) untuk menganalisis kepuasan pemakai dan konsep kematangan sistem informasi menggunakan atribut COBIT Framework 41 untuk memberikan solusi manajeria yaitu (a) atribut kebijakan, perencanaan dan prosedur, (b) atribut penetapan tujuan dan pengukuran. Sampel diambil dari mahasiswa, dosen dan pegawai yang aktif. Analisis data menggunakan SMART PLS 4.0, didapatkan hasil bahwa Terdapat pengaruh positif kebijakan, perencanaan dan prosedur terhadap kepuasan pemakai tetapi tidak signifikan Terdapat pengaruh kualitas layanan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pemakai. Terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan penetapan tujuan dan pengaruh terhadap kepuasan pemakai.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Josep Cobarsı, Merce Bernardo and Germa Coenders. 2008. Campus-Wide Information Systems Vol. 25 No. 1, pp. 50-64 q Emerald Group Publishing Limited 1065-0741

De Lone, W., and Mc Lean,E.R. 2003. The De Lone and Mc Lean Model of Information System Success : A Ten Year Update,”Journal of Management Information Systems. Volume 19, Nomor 4.M.E.Sharpe.Inc.

Allour, Kathleen Frances. March 2010. A Research Study on the Relationship between Critical Success Factor Management Maturity and User Satisfaction with ERP Implementation Projects. Dissertation. Lawrence Technological University.

Setiawan, Alexander. 2008. Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta dengan Menggunakan COBIT Framework. Tesis Tidak Terpublikasi. Yogyakarta: Fakultas Teknik , Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Magister Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Singarimbun dan Effendi, 1995

Umar, Husein., Drs. S.E., M.M., MBA. 1999. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. , Rajawali Press,

Yi-Shun Wang. 2007. Assessing E-Commerce Systems Success: A Respecification and Validation of The DeLone and McLean Model of IS Success. Journal compilation © Blackwell Publishing Ltd, Information Systems Journal 18, 529–557

ISACA. 2007. COBIT 4.1, IT Governance Institute

Hair, J.F., Risher, J.J., Sarstedt, M. and Ringle, C.M. (2019), "When to use and how to report the results of PLS-SEM", European Business Review, Vol. 31 No. 1, pp. 2-24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Ardiansyah, Dedy., Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas

Layanan dan Kematangan Sistem Informasi terhadap Kepuasan Pemakai dan Manfaat

Bersih., Tesis., Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis., Universitas Brawijaya

Petter, Stacie., DeLone, William., McLean, Ephraim. 2008. Measuring information systems success: models, dimensions, measures, and interrelationships. European Journal of Information Systems, 17, 236–263.

Santoso, Teguh. 2013. Evaluasi Pemanfaatan Sistem E-Learning Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi De Lone and Mc Lean , studi kasus pada SMAN 2 Ponorogo. Tesis. Magister Teknik Informatika. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Diterbitkan

31-05-2023

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Analisis Kualitas Layanan Dan Kematangan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer (STMIK) El Rahma Yogyakarta. (2023). Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 21(2), 29-37. https://doi.org/10.61805/fahma.v21i2.15

Artikel Serupa

51-60 dari 75

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.