Perancangan Ulang User Interface Sistem Informasi Akademik dengan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.61805/fahma.v22i2.132Abstrak
Sistem informasi akademik memainkan peran penting dalam mendukung aktivitas pendidikan di perguruan tinggi. Namun, banyak sistem yang ada saat ini menghadapi masalah antarmuka pengguna (user interface) yang tidak intuitif, yang menyebabkan kesulitan navigasi dan ketidakpuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang antarmuka pengguna sistem informasi akademik menggunakan metode Design Thinking, yang berfokus pada pendekatan berpusat pada pengguna.Proses penelitian melibatkan lima tahap utama: empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian. Tahap empati dilakukan dengan mengumpulkan data dari 150 pengguna sistem untuk memahami kebutuhan dan permasalahan mereka. Selanjutnya, permasalahan didefinisikan dan solusi inovatif dihasilkan melalui sesi brainstorming pada tahap ideasi. Prototipe antarmuka baru kemudian dikembangkan dan diuji oleh pengguna untuk mendapatkan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepuasan dan efisiensi pengguna. Desain baru berhasil meningkatkan kemudahan navigasi, estetika, dan kinerja sistem. Dengan rata-rata kepuasan pengguna meningkat sebesar 50%, penelitian ini membuktikan bahwa Design Thinking adalah pendekatan yang efektif untuk menciptakan solusi desain antarmuka yang lebih baik dan relevan. Temuan ini memberikan panduan praktis bagi institusi pendidikan dalam meningkatkan sistem informasi akademik mereka.
Unduhan
Referensi
A. Maryensyah, I. Kanedi, and R. Zulfiandry, “Academic Administration Information System for Junior High School (SMP) PGRI Bengkulu City,” J. Komputer, Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 84–93, 2021, doi: 10.53697/jkomitek.v1i1.143.
R. K. Ngantung and M. A. I. Pakereng, “Model Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis User Centered Design Menerapkan Framework Flask Python,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 3, p. 1052, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3054.
A. Lating, F. A. Lating, D. Sugiono, and Y. Liana, “Determinan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik (Determinants of User Satisfaction with Academic Information Systems),” Akutansi Bisnis Manaj. ( ABM ), vol. 28, no. 2, p. 61, 2021, doi: 10.35606/jabm.v28i2.931.
B. H. Winarno, E. Prayitno, and S. T. Samudra, “Analysis of Easy Perception of Use of Information System Using Technology Acceptance Model Method,” J. Int. Conf. Proc., vol. 2, no. 2, pp. 46–49, 2019, doi: 10.32535/jicp.v2i2.601.
D. Habicher, G. Erschbamer, H. Pechlaner, L. Ghirardello, and M. Walder, “Transformation and Design Thinking: perspectives on sustainable change, company resilience and democratic leadership in SMEs,” Leadership, Educ. Personal. An Interdiscip. J., vol. 3, no. 2, pp. 145–156, 2021, doi: 10.1365/s42681-022-00028-x.
Arif Rahman Hakim, Hairunisa, Makasih, and Abd. Haris, “Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA di SDN Sakuru,” J. Pendidik. Mipa, vol. 10, no. 2, pp. 94–101, 2020, doi: 10.37630/jpm.v10i2.364.
S. Sudarmaji and D. Irawan, “Sistem Informasi Pembimbingan Skripsi dan Tugas Akhir Online Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Metro (OPR Skim Penelitian Institusi),” J. Ilm. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 48–57, 2022, doi: 10.24127/jisi.v1i1.1962.
M. Gilvy, L. Putra, H. Octantia, and P. Konferensi, “Analisis Dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Gamification (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi Kalimantan) Gamification Based E-Learning Application Analysis and Design (Case Study of Information System Study Program in ,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 3, pp. 571–578, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202184368.
F. P. Putra and A. Tedyyana, “Pendekatan Human Centered Design pada Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Menu Cafe,” Sistemasi, vol. 10, no. 2, p. 336, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i2.1229.
D. A. I. Mustaqim and Persada, “Perancangan Ulang User Interface Sistem Informasi Kecamatan Ngemplak Yogyakarta,” Tek. Inform., vol. 1, p. 2, 2021.
W. S. L. Nasution and P. Nusa, “UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method,” ARRUS J. Eng. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 18–27, 2021, doi: 10.35877/jetech532.
L. I. Agus Pratama and K. Budiman, “Design of Attendance System for Pemalang Diskominfo Employees Using Design Thinking Method,” J. Adv. Inf. Syst. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 1–7, 2022, doi: 10.15294/jaist.v3i2.53150.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Edy Prayitno, Totok Suprawoto, Ivan Jaka Perdana (Penulis)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.