Implementasi Rancangan Database Akademik menggunakan Function, Store Procedure, Trigger dan View

Penulis

  • Joko Triyono Program Studi Rekayasa Sistem Komputer, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Penulis
  • Prafitra Dimas Akbar Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61805/fahma.v21i1.24

Kata Kunci:

function, store procedure, trigger, view

Abstrak

Perkembangan sistem informasi selalu diimbangi dengan ketersediaan sistem database yang handal, sehingga suatu sistem informasi sangat membutuhkan rancangan RDBMS yang mumpuni. Dengan semakin kompleknya permasalahan yang dihadapi, maka dibutuhkan sebuah RDBMS yang bisa melayani berbagai sistem informasi dan bisa mengawal aturan bisnis, sehingga berbagai aturan bisnis dikelola oleh RDBMS sendiri dengan memanfaatkan function, store procedure, trigger dan view. Dalam penelitian ini telah diujicobakan pada sebuah rancangan database akademik untuk mengelola pengisian KRS dan pengisian NILAI dengan memfokuskan transaksional dilakukan pada ranah RDBMS, sehingga aplikasi hanya akan melakukan koneksi ke fasilitas-fasilitas tersebut tanpa koneksi langsung ke tabel. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengelolaan algoritma database yang tepat maka kesalahan dalam menginterprestasikan diagram relasionalship dapat diminimalisir, begitu juga dengan rule bisnis aplikasi akan lebih terjamin karena semua dikelola pada RDBMS. Dengan penerapan Store Procedure, Function, Trigger serta View yang tepat maka akan dihasilkan sebuah rancangan database yang kuat secara algoritma. Dengan metode ini, maka pada bagian pengembang aplikasi akan menjadi sangat mudah dan ringan karena tidak dibebani oleh diagram relasionalship maupun algoritma-algoritma dari rule bisnis aplikasi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

J. R. W. P. N. &. O. A. J. Groff, SQL The Complete Refference - Third Edition, United States: The McGraw-Hill Companies, 2010.

J. Triyono, "KONSEP MEMBANGUN APLIKASI MULTIPLATFORM DENGAN OPTIMALISASI PENGGUNAAN VIEW, FUNCTION DAN TRIGGER PADA RDBMS POSTGRESQL," in Simposium Nasional RAPI XV – 2016 FT UMS, Surakarta, 2016.

Z. Alfiani, "Perancangan Sistem Informasi Kerja Praktik dan Tugas Akhir pada Program Studi Teknik Industri Universitas Bandung," in Prosiding Teknik Industri, Bandung, 2017.

J. Triyono, P. Nadira and C. A. Subhkan, "IMPLEMENTASI SISTEM TERDISTRIBUSI MENGGUNAKAN REPLIKASI DATABASE DAN WEB SERVICE," in Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, Yogyakarta, 2021.

E. Fatkhiyah, J. Triyono and E. N. Cahyo, "PERANCANGAN DATABASE PENDAFTARAN SWAB ANTIGEN BERBASIS ONLINE," in Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, Yogyakarta, 2021.

J. Triyono, P. Haryani and A. Padmanaba, "Model Kontrol Transaksi RDBMS Menggunakan Trigger dan Waktu Server," Jurnal Teknologi, vol. 12, no. 1, pp. 80-86, 2019.

java T point, "MariaDB Functions," Java T Point, [Online]. Available: https://www.javatpoint.com/mariadb-function. [Accessed 12 Desember 2022].

javaTpoint, "MariaDB Procedure," javaTpoint, [Online]. Available: https://www.javatpoint.com/mariadb-procedure. [Accessed 12 Desember 2022].

MySQLCode, "Introduction to MySQL Triggers – Definition, Types, and Syntax," MySQLCode, [Online]. Available: https://mysqlcode.com/mysql-triggers-introduction/. [Accessed 24 Desember 2022].

MySQL Tutorial, "MySQL Views," MySQL Tutorial, [Online]. Available: https://www.mysqltutorial.org/mysql-views-tutorial.aspx. [Accessed 15 Desember 2022].

Diterbitkan

31-01-2023

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Implementasi Rancangan Database Akademik menggunakan Function, Store Procedure, Trigger dan View. (2023). FAHMA : Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 21(1), 45-59. https://doi.org/10.61805/fahma.v21i1.24